Wednesday, December 12, 2012

Mengirim uang via Wesel Instan

wesel instan pos indonesia
Mengirim uang via wesel ternyata ada yang instan.Sebenarnya sistem ini sudah lama diluncurkan.Tapi,saya baru tahu kemarin.hehe.Ceritanya,saya dan suami mau ngirim uang ke bapak mertua,dan Bapak tidak punya rekening atau atm.Jadilah kami mencari cara untuk mengirimnya.

Awalnya pilihan kami jatuh ke western union.Karena selain caranya mudah,western union juga ada di indomaret dekat rumah.Tetapi,ternyata pas kami tanya ke indomaret,di sana belum aktif.Jadi,kami harus mencari cara lain.

Esoknya saya dan suami datang ke kantor pos.Mau kirim uang.Sampai sana,busyeett banyak banget yang antre.Maklum saat itu tanggal 6,pas banget yang mau ambil pensiun dll..Tanya ke petugasnya,ternyata kita langsung suruh isi form pengiriman wesel  instan.Tidak usah pakai nomer antrian.

Setelah selesai ngisi form,taruh di teller..eh,apa ya namanya kalo di kantor pos?pokoknya orang yang nanganin transaksi deh..ternyata langsung diproses.
habis itu,sama petugas di kasih resi pengiriman.
"Pak,ini nanti NTP sama Pin nya di SMS aja ke yang menerima ya.." kata si petugas ke suami saya.

Dan selesailah kirim mengirim uang nya.Langsung kita sms PIN dan NTP ke bapak dan sorenya langsung diambil.NTP juga bisa digunakan untuk melacak uang kita sudah diambil atau belum.
Caranya masuk ke halaman tracking di http://www.posindonesia.co.id/
Selain itu,NTP juga fungsinya untuk mengambil uang di kantor pos penerima.Oiya,biaya transfer via wesel instan lebih mahal daripada via ATM.Yaitu Untuk pengiriman uang hingga Rp 200 ribu, biaya yang dibebankan sebesar Rp 15 ribu. Untuk Rp 201 ribu - Rp 5 juta, biaya administrasinya sebesar Rp 27 ribu.

Untuk pengiriman uang Rp 5.001.000 - Rp 10 juta, biayanya mencapai Rp 30 ribu, dan untuk Rp 10.001.000 - Rp 20 juta sebesar Rp 35 ribu. Tidak ada jumlah minimal pengiriman. Namun jumlah maksimal pengiriman menggunakan wesel pos instan hanya Rp 20 juta saja.

Selain menggunakan wesel instan,bisa juga dengan western union.Caranya ada di  cara kirim uang via western union

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda sudah mengunjungi d'journal of ifah.